Pages

blog yang menyediakan semua info unik, aneh, lucu ditahun 2015, ada info kesehatan, tips belajar seo mudah, cara membuat website dan lain sebagainya

Tuesday 25 June 2013

Sesaji Hewan Suku Aztek


Jaguar, sebagai salah satu persembahan, dikaitkan dengan malam karena bulu mereka yang gelap.

ikan,aztek,kerangkaPersembahan Suku Aztek pada dewanya termasuk 60 spesies ikan, simbol dari dunia bawah. (Dok.Héctor Montaño, INAH) Photograph courtesy Héctor Montaño, INAH
Data dari  Institut Nasional Antropologi dan Sejarah (INAH) Meksiko mengungkap ada160 spesies hewan persembahan Suku Aztek. Sebagian besar merupakan hewan asli dan sebagian lainnya berasal dari wilayah lain yang diduga berasal dari upeti ataupun perdagangan. Setelah sebelumnya kita menyimak dari jenis ikan, kerang, dan unggas, berikut daftar lain jenis hewan sesaji suku Aztek:

Reptil
Ditemukan enam jenis penyu sebagai persembahan bagi dewa. Spesies pertama, terindentifikasi adalah Trachemys scripta, yang berasal dari sungai tropis Tabasco, Campeche, dan Chiapas. Kedua, merupakan spesies yang hidup di Tenochtitlan, dan ketiga berasal dari pantai Veracruz dan Yucatán. Ditemukan juga enam jenis ular, empat jenis kadal, dua jenis buaya.
Mamalia
Arkeolog menemukan 13 jenis puma, yang dianggap mewakili dewa matahari karena bulu keemasan yang mereka miliki. Dua Jaguar yang diduga yang berasal dari daerah tropis di selatan. Jaguar dikaitkan dengan malam karena bulu mereka yang gelap mewakili gambaran langit gelap yang penuh bintang di malam hari, serta enam jenis serigala.
Di antara hewan-hewan yang memiliki bulu menawan, para ahli juga menemukan bukti kuno dari taksidermi --hewan hasil pengawetan, biasanya golongan vertebrata yang dapat dikuliti, dengan organ dalam yang dikeluarkan. Contoh-contoh hewan persembahan suku Aztek kini dipamerkan di Museum Templo Mayor, Meksiko.

Setiap hewan miliki makna berbeda bagi suku ini.

buaya,aztek,kerangkaSebuah museum menunjukkan tulang buaya yang sempat dijadikan seserahan untuk dewa-dewa Aztek.(Héctor Montaño, INAH)
Satu demi satu sejarah Suku Aztek mulai terkuak. Setelah tahun lalu para peneliti menemukan 50 tengkorak dan lebih dari 250 tulang rahang sebagai bukti suku Aztek memiliki ritual brutal, kali ini arkeolog kembali mengidentifikasi lebih dari 400 spesies hewan dijadikan sesaji bagi dewa.

400 spesies hewan yang ditemukan di situs Tenochtitlan, Ibu Kota kuno suku Aztec. Di kota besar inilah terdapat piramida menjulang yang dikenal dengan Templo Mayor. Peneliti menduga suku Aztek memulai tradisi persembahan kepada dewa pada abad ke-14, salah satunya dengan melakukan ritual persembahan tubuh hewan.
Sebagian besar merupakan hewan asli dan sebagian lainnya berasal dari wilayah lain yang diduga berasal dari upeti ataupun perdagangan. Dari penelitian terungkap, jenis hewan yang biasa dijadikan sesaji oleh suku Aztek.

Ikan dan kerang
Moluska disimpan dalam jumlah yang sangat besar. Peneliti mengindentifikasi sebanyak 300 spesies baik yang terdapat di Samudra Atlantik dan Pasifik. Selain moluska, sebagian besar ikan berasal dari Samudra Atlantik menjadi paling banyak kedua yang ditemukan yaitu sebanyak 60 spesies. Makhluk-makhluk ini dianggap mewakili kehidupan bawah dari domain berair di kosmos Aztek.

Unggas
Sebanyak 26 spesies burung dikorbankan untuk persembahan dewa. Seluruhnya memang tinggal di area tersebut sepanjang tahun dan ada yang bermigrasi. Sementara jenis Toucans, quetzals, dan burung pelatuk datang dari tempat lain.
Masing-masing spesies mungkin memiliki makna khusus bagi suku Aztek. Elang emas, misalnya dikaitkan dengan matahari karena dapat terbang jauh tinggi di langit. Kini, warisan suku Aztek dikekalkan oleh pemerintah Meksiko yang menempatkan elang emas ini dalam bendera negara.


Facebook Twitter Google+

ORANG BIJAK SELALU MENINGGALKAN KENANGAN.!!!

 
Back To Top